Others

Fakta Tentang Penerjemah Bahasa Isyarat yang Perlu Diketahui

Fakta Tentang Penerjemah Bahasa Isyarat yang Perlu Diketahui

Saat Anda menonton televisi, di bagian pojok, biasanya kanan bawah, terdapat orang yang menggunakan bahasa isyarat dan menerjemahkan. Misalnya saat pidato kenegaraan atau berita resmi dari pemerintah. Sayangnya, masih sedikit yang menjadi penerjemah bahasa isyarat.

Jika Anda berminat untuk mendalami profesi ini, fakta berikut ini harus anda ketahui terlebih dahulu.

  • Masih Sedikit

Dibandingkan dengan orang yang berprofesi untuk buat desain interior app paling mantap, profesi sebagai penerjemah untuk bahasa isyarat jumlahnya masih sedikit. Salah satu kendalanya adalah belum banyak orang yang mempelajari dan memahami bahasa isyarat.

  • Pendidikan Luar Biasa

Untuk menjalani profesi sebagai penerjemah bahasa isyarat terutama jika menjadi guru, Anda tidak hanya harus mengetahui penggunaan bahasa isyarat itu seperti apa namun juga menempuh pendidikan luar biasa. Dalam prodi pendidikan luar biasa tersebut, Anda akan belajar untuk lebih sabar, peka dan bagaimana cara menghadapi teman yang tunarungu.

Di Indonesia sendiri, masih belum banyak prodi yang membuka pendidikan luar biasa. Namun, universitas berikut ini bisa jadi pilihan, diantaranya:

  1. Universitas Negeri Padang.
  2.  Universitas Negeri Jakarta.
  3. Universitas Sebelas Maret.
  4. Universitas Pendidikan Indonesia.
  5. Universitas Negeri Malang.
  6. Universitas Negeri Surabaya.
  7. Universitas Negeri Manado.
  8. Universitas Negeri Makassar.
  9. Universitas Lambung Mangkurat.
  • Belajar Otodidak

Mempelajari bahasa isyarat bisa juga secara otodidak. Anda bisa menggunakan media seperti video, buku atau mempelajari langsung dari para tunarungu. Setidaknya Anda bisa mengerti dasar dari bahasa isyarat terlebih dahulu. Setelah itu Anda bisa mencoba menguasai bahasa isyarat dalam bahasa Indonesia setelah itu mempelajari bahasa isyarat dalam bahasa inggris atau bahasa asing lain.

Fakta Tentang Penerjemah Bahasa Isyarat yang Perlu Diketahui
Fakta Tentang Penerjemah Bahasa Isyarat yang Perlu Diketahui
  • Tidak Bekerja Sendiri

Jika di televisi, Anda hanya bisa melihat 1 orang saja penerjemah yang menggunakan bahasa isyarat. Namun, di belakang layar, ada 2 anggota lainnya. Pertama adalah pendamping atau tandem dan pemandu. Seorang pemandu merupakan seorang tunarungu yang bertugas untuk memperagakan gaya yang dapat diikuti oleh penerjemah.

  • Peluang Tinggi

Siapa bilang menjadi seorang penerjemah seperti bahasa isyarat tidak bisa bereksplorasi? Justru, karena masih sedikit orang yang mengerti bahasa isyarat, kesempatan bereksplorasi semakin besar.

Bahkan Anda bisa bertemu dengan tokoh penting dunia misalnya saat Anda menjadi penerjemah di konferensi internasional. Karena hal tersebut, ditambah profesi ini cukup menantang, membuat tidak sedikit orang yang kemudian mempelajari bahasa isyarat.

  • Jangan Lupakan Cinta dan Empati

Menjadi seorang penerjemah untuk bahasa isyarat tidak hanya bermodal mengerti bahasa isyarat, namun juga perasaan seperti cinta dan empati. Ini karena pada dasarnya penerjemah mampu berkomunikasi dengan penyandang disabilitas dan harus berkontak langsung dengan para tunarungu. Karena itu, perasaan seperti empati dan cinta akan sangat berpengaruh pada kenyamanan para teman-teman tunarungu saat berkomunikasi atau bersosialisasi.

Itulah fakta terkait penerjemah bahasa isyarat. Dengan fakta ini, semoga Anda semakin meyakini profesi ini atau setidaknya bisa belajar bahasa isyarat dasar untuk memudahkan komunikasi dengan para penyandang tunarungu.