Design

4 Kunci Utama dalam Cara Desain Logo dengan Corel Draw

4 Kunci Utama dalam Cara Desain Logo dengan Corel Draw

Membuat logo tidak bisa dilakukan sembarangan. jika hanya membuat saja, selama ada contohnya, setiap orang bisa melakukannya. Namun, dalam cara desain logo dengan Corel Draw, ada beberapa kunci utama yang tak boleh Anda lewatkan.

  • Persiapan

Kunci pertama adalah persiapan. Di bagian ini, Anda harus mempersiapkan apa saja yang Anda perlukan untuk merancang logo. Bahkan, penyedia jasa desain logo murah terbaik juga harus membuat sketsa logonya. 

Anda bisa memulai dari membuat sketsa yang akan Anda jadikan sebagai acuan untuk desain logo di CorelDraw. Dalam membuat rancangan ini, tentu Anda harus mempertimbangkan berbagai hal, diantaranya:

  1. Tujuan pembuatan logo tersebut.
  2. Kesan atau pesan apa yang akan Anda sampaikan lewat logo tersebut.
  3. Jenis logo yang akan Anda buat.
  4. Filosofi atau latar belakang perusahaan atau pihak yang ingin dibuatkan logonya.
  • Buat Gambar
4 Kunci Utama dalam Cara Desain Logo dengan Corel Draw
4 Kunci Utama dalam Cara Desain Logo dengan Corel Draw

Di tahapan ini, Anda bisa membuat gambar logo sesuai dengan sketsa yang sudah Anda buat. Jika Anda tidak ingin repot, Anda bisa melakukan scanning atau memotret sketsa tersebut. Setelah itu, Anda bisa langsung melakukan tracing.

Jika dibandingkan, cara tracing lebih cepat dan lebih efisien dibandingkan Anda harus membuat bentuk dan menggabung-gabungkannya. Tracing bisa Anda gunakan dengan catatan, Anda nyaman dan tahu bagaimana cara untuk melakukan tracing.

Karena kemudahan inilah, maka sebaiknya Anda memiliki sketsa dengan gambar yang jelas.

Di tahapan ini, Anda juga bisa menambahkan tulisan yang sesuai dengan logo Anda. Gunakan tulisan yang mudah dibaca dan sesuai dengan konsep logo yang Anda buat.

  • Pewarnaan

Setelah proses tracing selesai dan gambar tidak ada yang harus dirubah, maka Anda bisa melanjutkan dengan pewarnaan. Di tapan cara desain logo dengan Corel Draw ini, Anda harus tahu warna yang boleh digunakan dan warna yang tidak.

Misalnya untuk makanan. Hindari dominasi warna biru untuk logo bisnis makanan. Ini karena secara psikologis, warna bisa bisa membuat nafsu makan berkurang.

Di sisi lain, biru juga bisa memberikan kesan yang dingin. Jadi, untuk produk makanan pedas, warna biru sebaiknya tidak digunakan.

Dalam pewarnaan, sebaiknya Anda tidak terlalu menggunakan banyak warna. Anda bisa menggunakan gradasi 2-3 warna. Namun hindari menggunakan lebih dari 3 warna dengan komposisi warna yang sama.

Kenapa?

Karena terlalu banyak warna bisa menyebabkan logo menjadi tidak fokus. Orang akan bingung tentang apa yang akan Anda tonjolkan. Bahkan, logo bisa terlihat berantakan.

  • Akhir Rancangan

Jika gambar, warna dan text sudah selesai, maka Anda bisa menyimpannya dan mengeksportnya. Untuk mengeksport, Anda seleksi terlebih dahulu gambar yang Anda buat.

Setelah itu, Anda bisa tekan CTRL+E dan pilih format PNG untuk background transparan. Setelah itu, klik save.

Itulah 4 kunci utama dalam cara desain logo dengan Corel Draw. Namun, perlu diingat, bagus tidaknya desain yang Anda buat, tergantung dari kreativitas yang Anda tuangkan. Jadi, selalu berlatih dan tingkatkan kreativitas Anda ya.