website

Pengertian Hyperlink dan Fungsinya

Pengertian Hyperlink dan Fungsinya

Sebagian besar dari Anda pernah membuat dokumen atau suatu artikel website yang disambungkan dengan artikel atau dokumen lainnya. Sambungan atau link tersebut disebut dengan hyperlink. Namun, untuk tahu lebih jelasnya mengenai pengertian hyperlink, simak informasi di artikel ini ya.

Pengertian Hyperlink

Hyperlink atau link disebut juga dengan pranala. Artinya adalah acuan dokumen hypertext ke dokumen atau sumber yang lainnya. Seiring dengan perkembangannya, hyperlink tidak hanya digunakan dalam dokumen namun juga dalam artikel.

Pada dasarnya, fungsi dari hyperlink ini adalah untuk menghubungkan antara objek, file, halaman website dari dokumen yang satu ke dokumen yang lainnya. Misalnya ke website penghasil uang dari website mengenai informasi cara mendapatkan uang dengan mudah lewat website.

Jadi, ketika hyperlink tersebut dilklik, maka Anda akan langsung diarahkan ke link atau objek atau halaman yang disambungkan pada pranala tersebut.

Hyperlink ini bisa digunakan di dokumen apapun baik menggunakan atau tidak menggunakan koneksi internet. Misalnya, jika Anda hanya menggunakan hyperlink untuk presentasi untuk menunjukkan acuan ke halaman 8, Anda tidak perlu mengkoneksikannya dengan internet.

Fungsi Hyperlink

Pengertian Hyperlink dan Fungsinya
Pengertian Hyperlink dan Fungsinya

Hyperlink ini sendiri termasuk ke dalam salah satu fungsi HTML. Hyperlink digunakan untuk mempermudah Anda sebagai pembaca menjelajah halaman lain yang berkaitan dengan dokumen atau halaman website. Dengan kata lain, penggunaan hyperlink ini dijadikan sebagai jalan pintas ke informasi yang lainnya.

Tampilan Berbeda

Apakah tampilan kata atau kalimat yang mengandung hyperlink memiliki tampilan yang berbeda? Benar. Kata atau kalimat yang mengandung hyperlink punya tampilan yang berbeda. Biasanya, text tersebut akan berwarna.

Beberapa diantaranya, ketika kursor diarahkan ke text tersebut atau pun setelah diklik, maka text akan berubah warna. Namun, warna pada text ini pun bisa Anda ubah sesuai dengan keinginan Anda.

Selain memiliki warna yang berbeda, text yang diberi hyperlink memiliki garis bawah atau underline. Uniknya, hyperlink ini tidak hanya bisa digunakan di text saja, namun juga bisa ditempatkan di gambar.

Jika dilihat, tidak ada bedanya gambar yang diberi hyperlink dan gambar yang tidak diberi hyperlink. Namun, jika Anda mengarahkan kursor ke gambar tersebut, maka kursor akan berubah menjadi gambar tangan yang menunjuk. Apabila gambar yang sudah diberi hyperlink tersebut di klik, maka akan mengarahkan Anda ke halaman atau objek tujuan.

Jadi, penempatan hyperlink bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda yaitu di text, objek atau gambar sekalipun. Dengan begitu, Anda atau pembaca Anda akan lebih mudah menuju ke halaman tujuan atau halaman pranala pada sebuah website.

Itulah informasi singkat mengenai pengertian hyperlink dan fungsinya yang perlu Anda tahu. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.