Others

Menghindari Plagiat, Ini Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet

Menghindari Plagiat, Ini Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet

Sebagai seorang mahasiswa, mendapatkan tugas berupa karya ilmiah tentunya adalah hal yang biasa. Karenanya membuat daftar pustaka adalah hal wajib yang harus dilakukan sebagai bagian dari sebuah karya ilmiah yang utuh.

Daftar pustaka bertujuan sebagai kredit yang diberikan untuk pengarang karena hasil penelitiannya dijadikan rujukan, sehingga menghindari kemungkinan plagiat. Berikut ini lima cara menulis daftar pustaka dari internet.

  1. Menggunakan Cara Penulisan Gaya APA

Gaya penulisan APA style atau American Psychological Association memiliki format penulisan daftar pustaka sebagai berikut: Nama website atau situs(.) (penulisan tahun dan tanggal artikel dimuat)(.) Judul artikel yang dikutip(.) tanggal Anda mengutip artikel (,) alamat website atau URL lengkap dari artikel yang Anda kutip.

Contohnya, Kumparan.com. (2019, 14 Februari). 4 Kado Valentine yang Mudah Dicari Saat Kepepet. Diakses pada 12 Februari 2020, dari https://kumparan.com/berita-hari-ini/4-kado-valentine-yang-mudah-dicari-saat-kepepet-1sq27m91FPH

  1. Menggunakan Cara Penulisan Gaya MLA

Sedikit berbeda dengan gaya penulisan APA, MLA atau Modern Language Association menempatkan judul artikel di posisi pertama. Misalnya,”4 Kado Valentine yang Mudah Dicari Saat Kepepet”.Kumparan.com.14 Februari 2019.12 Februari 2020. <https://kumparan.com/berita-hari-ini/4-kado-valentine-yang-mudah-dicari-saat-kepepet-1sq27m91FPH>

  1. Menggunakan Cara Penulisan Gaya MHRA

Cara selanjutnya dalam penulisan daftar pustaka ialah gaya MHRA atau Modern Humanities Research Association. MHRA memiliki format yang hampir mirip dengan MLA namun tanpa tanggal kutipan dan menggunakan deskripsi website atau ringkasan artikel.

Contohnya, www.daftarpustaka.org, “4 Kado Valentine yang Mudah Dicari Saat Kepepet”, Referensi Mencari Kado untuk Hari Valentine, 14 Februari 2019, <https://www.daftarpustaka.org/kado-valentine/> (diakses pada 12 Februari 2020).

  1. Menggunakan Cara Penulisan Gaya CSE

Cara penulisan daftar pustaka selanjutnya ialah melalui CSE atau Council of Science Editors. Penulisan CSE ini hampir mirip dengan penulisan gaya MHRA namun ada sedikit perbedaan peletakan pada tanggal diaksesnya artikel.

Berikut formatnya penulisan daftar pustaka tersebut, nama website(.)4 Kado Valentine yang Mudah Dicari Saat Kepepet (internet)(.)deskripsi artikel(,)tanggal artikel dimuat(,)waktu (tanggal akses)(,)URL website.

Berikut cara menulis daftar pustaka dari internet gaya CSE, Kumparan.com. 4 Kado Valentine yang Mudah Dicari Saat Kepepet (internet). Referensi Mencari Kado untuk Hari Valentine, 14 Februari 2019, 14.25 (diakses 12 Februari 2020).https://kumparan.com/berita-hari-ini/4-kado-valentine-yang-mudah-dicari-saat-kepepet-1sq27m91FPH