Kesehatan

Lihat disini Manfaat USG 2D Untuk Ibu Hamil!

Ibu hamil dianjurkan melakukan USG idealnya tiga kali selama kehamilan, atau sekali tiap trimester. Tipe yang paling umum digunakan yaitu USG 2D, tapi apa manfaat sebenarnya untuk ibu hamil?

Begitu banyak manfaat yang bisa didapat dari USG 2D untuk kehamilan. Manfaat utamanya tetap untuk memantau perkembangan bayi dalam perut, tapi USG sebenarnya juga menawarkan fungsi lebih. Bahkan sampai saat ini USG tetap dinilai sebagai salah satu alat paling efektif untuk mengevaluasi area fetus.

Bagi ibu hamil, USG bisa memberi gambaran terkait raut muka bayi dalam perut. Untuk keperluan medis, dokter memanfaatkannya untuk skrining awal terhadap kemungkinan kelainan bayi.

1. Melihat Jenis Kelamin

Merupakan suatu hal yang wajar jika ibu hamil ingin mengetahui jenis kelamin anak yang dikandungnya. Pada faktanya, USG justru sering dimanfaatkan untuk mencari tahu jenis kelamin, bukan hanya melihat kondisi ketidaksempurnaan yang dialami janin.

2. Usia Kehamilan

Agak sulit memang untuk mengingat berapa usia kehamilan yang tepat. Lewat USG, ibu hamil bisa mengetahui secara pasti usia kandungan dan kapan hari perkiraan lahir bayi. Ini semua bisa dilakukan hanya dengan beberapa menit saja dengan alat tranduser.

3. Dimensi Bayi

Janin yang sehat bisa dilihat dari perkembangan ukuran kepala, dalam hal ini dimensi kepala bayi. Dokter akan menghitung dimensi ini dan mencocokkan umur janin sehingga bisa diketahui rasio pertumbuhan bayi, apakah sudah ideal atau belum.

4. Kelainan Dini

Tak semua janin tumbuh dalam keadaan baik-baik saja. Untuk kasus tertentu, beberapa janin mengalami kelainan bawaan. Bibir sumbing, jari tak lengkap, dan Down syndrome merupakan kelainan yang sering menimpa bayi. Cacat lahir ini bisa dideteksi lebih dini dengan USG, baru dokter kemudian merekomendasikan perawatan yang sesuai.

5. Cairan Ketuban

Kondisi air ketuban pada kandungan juga bisa diamati lewat USG. Warna hitam yang nampak pada monitor menandakan air ketuban, termasuk tingkat kekentalannya. Sayangnya, air ketuban yang kental kadang bisa menghalangi citra yang ditampilkan oleh USG. Jadi sebaiknya minum air putih dalam jumlah banyak sebelum melakukan pemeriksaan USG.

6. Organ Bayi

Manfaat USG 2D yang juga tak kalah penting yaitu untuk melihat organ dalam bayi. Banyak kejadian bayi lahir dengan kondisi jantung tak sempurna, begitu juga organ lainnya. USG mampu mendeteksi kelainan seperti ini sejak janin mulai tumbuh sehingga antisipasi dapat dilakukan.

7. Panjang Serviks

Teruntuk ibu hamil, karakteristik panjang area serviks juga bisa dilihat dengan USG. Ini sangat penting untuk kehamilan karena berkaitan langsung dengan seberapa banyak air ketuban yang bisa ditampung. Tentu saja, kecakapan dokter dalam menerjemahkan gambar juga penting karena berhubungan dengan diagnosa awal.

Tentu saja, masih ada banyak manfaat USG lain untuk kesehatan ibu dan bayi. Hanya saja, pastikan memilih tempat pemeriksaan USG terbaik yang dilengkapi dokter berpengalaman tinggi. Informasi lengkap terkait USG 2D bisa dilihat di sini!