website

Beginilah Cara Menggunakan Joomla Untuk Pemula Yang Baik Dan Benar

Cara Menggunakan Joomla Untuk Pemula

Bagaimana sih cara menggunakan Joomla untuk pemula dengan baik dan benar? Cara menggunakan bisa dibilang cukup berbeda dengan WordPress, jadi tidak semua CMS yang bisa anda gunakan. Dalam hal ini, tiap CMS memiliki tampilan yang berbeda dan cara penggunaannya juga berbeda. Bagi anda yang ingin mencari tahu cara memakai Joomla dengan mudah, maka anda dapat simak pembahasan berikut ini.

Apa Itu Joomla?

Jika anda masih pemula dalam mengoperasikan Joomla, akan lebih baik anda mengetahui terlebih dahulu tentang apa itu Joomla. Pada umumnya, Joomla merupakan salah satu CMS (Content Management System) yang dapat digunakan dalam pembuatan website dengan konsep view controller. Kepopuleran dari Joomla ini hanya kalah dari WordPress, yang menjadi salah satu CMS terpopuler di dunia. Memungkinkan kalau anda bisa buat web murah dan bagus untuk dilihat jika memakai salah satu CMS ini.

Bagaimana Cara Menggunakan Joomla buat Pemula?

Nah, bagi anda yang sudah mengetahui tentang Joomla secara singkat, kali ini kami akan membahas tentang bagaimana cara menggunakan Joomla untuk pemula. Dimulai dari berikut ini.

1. Penginstallan Joomla

  • Cara awal dalam penginstalan, dimana anda dapat login pada halaman utama cPanel yang dimiliki oleh anda. Masukkan nama pengguna dan juga password di kolom yang sudah ada. Lalu anda dapat mengklik masuk atau login.
  • Sesudah itu, anda dapat mencari opsi Softaculous App Installer. Agar anda menjadi lebih mudah, maka anda dapat memakai fitur search yang sudah ada di dalam cPanel.
  • Pada halaman utama Softaculous, tekan ikon Joomla. Dan kemudian secara otomatis anda akan diarahkan pada halaman install Jomomla yang dimana nantinya anda akan klik Install Now buat memulai proses penginstalannya.
  • Setelahnya, anda akan diarahakan dalam pengisian beberapa informasi berupa versi Joomla, lokasi instalasi, site name, site description, import sample data (pilih none), admin username, admin password, real name (nama yang akan muncul pada dasbor), admin email, select language. Jika anda sudah mengisi semua kolom yang ada, maka anda dapat menunggu prosesnya hingga selesai.
  • Jika anda sudah melakukan instalasi, anda otomatis akan berada pada opsi login Joomla. Dalam hal ini, anda dapat memasukkan username maupun password yang tadi pada kolom tersebut dan kemudian klik login.

2. Pembangunan Website di Joomla

  • Anda dapat menambahkan sebuah konten pada website yang sudah jadi tadi. Untuk membuatnya, dimana anda dapat memilih tab New Article. Sesudah itu, anda akan diarahkan pada halaman untuk membuat sebuah artikel yang baru. Jika anda sudah berhasil membuat artikel, maka anda bisa menyimpannya atau bisa juga langsung dipublish dengan memakai fitur yang sudah disediakannya.
  • Selanjutnya, anda juga dapat menambahkan kategori pada website tersebut sehingga pengunjung akan menjadi lebih mudah dalam mencari informasi yang ingin dibaca atau diketahui oleh pengunjung tersebut. Masuk pada menu Categories, dimana anda akan langsung diarahkan pada pembuatan kategori. Jika sudah membuatnya, makaanda bisa klik Save & Close yang nantinya ini akan menyimpan perubahan yang dilakukan oleh anda.
  • Yang terakhir anda dapat membuat menu yang dimulai dari halaman cPanel Joomla, dengan mengklik Menus, lalu Main Menu Blog dan kemudian Add New Menu Item.