Others

Bagaimana Mengoptimalkan Youtube Backlink?

Bagaimana Mengoptimalkan Youtube Backlink?

Backlink merupakan tautan yang mengarah ke website. Penempatan backlink tersebut kini semakin berkembang. Tidak sedikit, Youtube backlink ditemukan untuk mengoptimalkan Youtube ataupun website yang dimiliki.

Apalagi saat ini, Youtube bisa dikatakan sebagai mesin pencari terbesar kedua. Ini karena semakin banyak orang yang berpindah ke Youtube dan mencari informasi misalnya resep masakan lewat video.

Lalu, Bagaimana Membangun Youtube Backlink?

Untuk membangun Youtube backlink tidak jauh berbeda ketika Anda menggunakannya untuk optimasi website. Langkah pertama adalah pastikan Anda memiliki channel Youtube. Pastikan jika channel tersebut terlihat profesional misalnya dari nama dan konten yang Anda unggah.

Tahapan selanjutnya yaitu:

  1. Masuk ke akun youtube Anda lalu ke channel. Cek apakah Anda sudah melakukan verifikasi atau belum. Jika belum, segera lakukan verifikasi.
  2. Isi data secara lengkap. Jika Anda memiliki website, masukkan alamat website ke deskripsi channel Anda. Dengan begitu, viewer yang menonton video di channel Anda juga bisa mengunjungi website yang dimiliki.
  3. Kemudian verifikasi.

Apakah sudah selesai? Belum. Cara di atas merupakan cara untuk membuat channelnya saja. Anda perlu tahapan selanjutnya untuk mengoptimasi youtube yang Anda miliki.

Bagaimana Mengoptimalkan Youtube Backlink?
Bagaimana Mengoptimalkan Youtube Backlink?

Bagaimana caranya? Caranya yaitu:

  • Riset Keyword.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa optimasi Youtube tak jauh berbeda dengan website. Anda tetap perlu melakukan riset keyword. Fungsinya adalah untuk meningkatkan peringkat video yang Anda miliki, misalnya tentang pengertian anchor text.

Ketika Anda sudah melakukan riset keyword, gunakan kata kunci tersebut di deskripsi video. Ingat ya, gunakan kata kunci seperlunya saja dan jangan berlebihan karena akan terlihat seperti spamming.

  • Gunakan Channel ‘pembantu’

Bisa dikatakan cara ini seperti Anda menggunakan backlink PBN. Anda membangun channel-channel yang lainnya untuk mensuport channel utama.

Di channel ‘pembantu’ ini, Anda juga perlu untuk melakukan riset keyword. Namun, letakkan juga channel utama Anda agar viewer Anda juga mengunjungi channel utama.

  • Saling Tukar Link

Anda bisa bekerja sama dengan youtuber yang lainnya untuk memasang link yang Anda miliki. Pilih link dari channel yang sudah terkenal. Dengan begitu, peluang viewer  ke channel Anda juga akan lebih besar.

  • Youtube Walking

Tinggalkan link channel Anda atau video dari channel Anda di channel orang lain. Namun, pastikan jika Anda meninggalkan link tersebut secara natural dan jangan spam. Takutnya, jika terlalu banyak, channel Anda akan diblokir oleh pemilik akun.

Apakah hanya bisa ditinggalkan di channel youtube yang lain saja? Tidak. Anda bisa juga meninggalkan link tersebut di website yang lainnya. Misalnya di website yang memiliki niche yang sama dengan Anda, forum ataupun menggunakan website PBN.

Itulah beberapa cara Youtube backlink yang bisa Anda gunakan. Namun, karena algoritma google yang berubah-ubah, akan lebih baik jika Anda juga mengecek perkembangan algoritma tersebut. dengan begitu, Anda bisa melakukan tahapan yang tepat untuk backlink youtube yang Anda miliki.