website

5 Tips Mengelola Website untuk Pemula

5 Tips Mengelola Website untuk Pemula

Mengelola website tidak semudah yang dilihat. Walaupun begitu, bukan berarti Anda sama sekali tidak bisa mengelola website. Lewat tips mengelola website berikut ini, semoga Anda bisa lebih mudah dalam pengelolaan situs.

  • Tulis Konten Relevan

Ketika membuat website, pastikan Anda tahu terlebih dahulu tema atau niche website tersebut. Apakah blog pribadi, website informative atau bisnis.

Setelah itu, tuliskan konten yang relevan dengan website Anda. Misalnya website Anda berfokus pada optimasi SEO, maka Anda bisa membuat artikel tentang cara melihat backlink blog.

Relevansi antara artikel dengan website akan bisa meyakinkan visitor Anda bahwa website Anda menyediakan informasi yang diinginkan. Bukankah akan susah menuliskan konten yang sama setiap saat?

Konten yang Anda unggah sebaiknya memiliki tema yang sama. Misalnya tentang SEO ya isinya SEO semua. Agar lebih mudah dalam membuat konten, Anda bisa membuat daftar kata kunci dari artikel yang Anda buat.

Setelah itu, Anda bisa mengembangkan kata kunci tersebut menjadi sebuah konten. Jangan lupa untuk memberi media seperti video atau gambar agar konten semakin menarik.

  • Perhatikan Mutu

Walaupun website Anda merupakan website pribadi, sebisa mungkin sampaikan informasi yang menarik dan bermutu. Misalnya Anda suka berjalan-jalan, maka Anda bisa membagikan pengalaman Anda selama perjalanan. Dengan begitu, visitor Anda akan merasakan dan mengetahui cerita dan review Anda selama rekreasi.

  • Update Berkala
5 Tips Mengelola Website untuk Pemula
5 Tips Mengelola Website untuk Pemula

Jangan lupa untuk melakukan update secara berkala. Anda bisa update setiap hari atau 2 hari sekali. Kenapa perlu update?

Pembaharuan konten secara berkala bisa membuat visitor datang ke website Anda. Selain Itu, adanya update seakan memberi tahu bahwa website Anda masih ada dan tidak terbengkalai. Dengan begitu, visitor Anda tidak akan beralih ke website lain dan setia mengunjungi website Anda.

  • Cek Kolom Testimoni atau Komentar

Jangan lupa untuk mengecek testimoni atau komentar pada website Anda. Adanya testimony akan membantu Anda untuk tahu bagaimana pendapat konsumen Anda.

Cek juga bagian komentar terutama jika Anda mengelola website komunitas atau website pribadi. Di kolom komentar ini Anda bisa berinteraksi dengan visitor website. Interaksi tersebut membuat pengunjung Anda akan merasa istimewa dan dianggap teman.

Dengan begitu, visitor Anda akan ke website Anda terus berimbas pada kualitas website yang semakin baik.

  • Evaluasi

Tips mengelola website yang terakhir adalah dengan melakukan evaluasi, misalnya setiap akhir bulan. Tujuannya agar Anda tahu mana yang perlu diperbaiki dan mana yang perlu dipertahankan.

Evaluasi ini sangat berguna untuk website komersial. Dengan begitu, Anda bisa menentukan strategi yang tepat untuk optimasi website dan pengelolaan menjadi lebih baik.

Itulah tips mengelola website yang bisa Anda lakukan. Jika informasi ini bermanfaat untuk Anda, jangan lupa untuk sharing agar semakin banyak orang yang tahu ya.